Minggu, 03 Juli 2011

HUT Palang Merah Sedunia di Klaten

Dalam rangka memperingati hari palang merah dan bulan sabit merah sedunia yang ke 148 yang jatuh pada tanggal 8 Mei 201, PMI Kabupaten Klaten  mengadakan kegiatan yang berupa jalan sehat yang diikuti oleh Pengurus, Karyawan, KSR dan anggota lansia sejumlah 150 orang. Selesai senam dan jalan sehat diadakan pemeriksaan  gula darah, kolesterol dan asam urat bagi lansia.
Ketua PMI Kabupaten Klaten membacakan sambutan ketua Pusat palang Merah Indonesia H. Yusuf Kala’ Peringatan ini menjadi sebuah momentom untuk mengingat kembali sejarah dan perjalanan kegiatan kemanusian gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di dunia.berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia, serta persoalan sosial telah menjadi bagian dari peristiwa dunia.peringatan tahun ini dengan tema “temukan jiwa relawanmu” sebagai bentuk apresiasi dan memberikan penghargaan kepada relawan atas pengabdiannya”.
Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam kegiatan ini berupa latihan gabungan simulasi tanggap darurat bencana antar KSR perguruan tinggi (7/5/2011) di Tegal Mulyo Kemalang yang diikuti KSR unwidha 28 orang, Stikes Muhammadiyah Klaten 30 orang, KSR Poltekkes Kebidanan di Klaten 60 orang dan anggota forpis 50 orang.
Pameran foto dilaksanakan di Hatel Puri Asri  mageleng tanggal 6-7 Mei 2011 dengan menampilkan hasil kegiatan foto penanganan erupsi Merapi dari tanggap darurat sampai dengan pelyanan grogram pemulihan dini. Juga ditampilkan diposko Markas PMI Kabupaten Klaten.
Untuk pelayanan sosial  pemberian door prise 10 paket pada kegiatan pernikahan masal yang dilakukan oleh muat (musisi anak jalanan), pelayanan pertolongan pertama pada kecelekaan baik yang dirujuk ke Poliklinik PMI maupun rumah sakit lain, maupun pertolongan pertama lainya berupa upcara bendera hardiknas, pelatihan kader posyandu dll.
Sedangkan kegiatan donor darah masa bulan april sampai dengan 8 Mei 2011 tercatat 1.084 kolf yang berasal dari PKS Wonosari, Plembon, Bank Jateng, BAF, GKJ Kebonarum, Jambu kulun, Poltekes jurusan kebidanan surakarta diKlaten, PT Dugapat, Masjid Belang Wetan, Karang turi, KTB Wedi, RSUP Soeradji Tertonegoro, PKU Juwiring, PMI Kecamatan Cawas, SMKN 4 Klaten, GKJ Wedi, Joton Jonalan, ICRK, SMAN1 Polanharjo, Alfamart, RSI Klaten, PMI Kecamatan Kranganom, Mondrian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar