Minggu, 03 Juli 2011

PMI Klaten Latih PPGD angkatan I

PMI Kabupaten mengadakan Pelatihan PPGD ( pertolongan pertama gawat darurat) pada dari hari rabu-Kamis tanggal 4-5 Mei 2011 di aula PMI Kabupaten Klaten yang diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari karyawan PT Aqua Farm  13 orang, Utusan PMI Kecamatan se Kabupaten Klaten 13 orang dan relawan desa Munggung Karangdowo 2 orang.
 Tujuan kegiatan ini memberi bekal pada orang non medis dibidang pertolongan pertama, dan melatih ketrampilan dalam memberikan hidup dasar bila terjadi kecelakaan atau kedaruratan, dengan denagn materi   kedaruratan medis,luka bakar, cidera spinal dan penataksaannya, pendarah dan Syok, cidera jaringan lunak dan khusus, fracture  dan penatalaksanaanya, praktek pembidaian, asessment, basic life support and CPR, praktek cpr, keracunan, evakuasi dan tranpotasi, dengan fasilitator dr. Bodro Prastowo, dr. Wiwik Purwanti, I Wayan Sahopiaartha AMK, SE, Drs. Suparlan TSR PMI Kabupaten Klaten.
Dalam sambutannya Ketua PMI H. Wagiyono, SIP menjelasakan: Mengapa PMI dapat melatih Pertolongan Pertama (PP)? Dasarnya adalah dari Permenkes RI 023/Birhub/1972 1972 Bab III pasal 4 tantang penyelenggaraan pendidikan P3K, PK dan kesehatan masyarakat. diharapakan setiap orang dapat menolonga orang yang kecelakaan apapaun akibatnya, karena PMI bertugas dibidang kemanusiaan yang tertuang dalam 7 prinsip gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah internasional. Disamping itu mempunyai tugas lain di bidang transfusi dara, penanganan bencana, pembinaan generasi muda sukarela (PMR/KSR) dll. Pertolongan pertama sangat perting karena kecelakan dapat terjadi dimana saja seperti  dirumah, jalan dan tempat kerja, sehingga perlu untuk mendapat kan pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit, disamping
Dijadwalkan platihan ini akan dikembangkan bagi pembina PMR yang berpangkalan di Instansi, SMP/MTS, SMA/MA/SMK,  UPTD Pendidikan, Guru TK/Play group se kabupaten Klaten menyesuaikan waktunya dengan lingkungan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar